Assalamualaikum

    Teman-teman pemrograman dasar.Kali ini aku mau share mengenai Oracle 11g,Apa itu Oracle PL/SQL?PL / SQL merupakan gabungan dari Structured Query Language (SQL) dengan fitur bahasa pemrograman procedural (PL). PL/SQL dikembangkan oleh Oracle Corporation di awal 90-an untuk meningkatkan kemampuan SQL. Kenapa SQL saja tidak cukup ? , SQL tidak memiliki struktur kontorl pemrograman seperti LOOPING dan seleksi kondisi IF THEN ELSE. Sedangkan PL/SQL dapat menangani logika tersebut dengan mudah.

A. Fitur PL/SQL

    PL/SQL memiliki beberapa fitur diantaranya terintegrasi dengan SQL, menawarkan pengecekan error yang luas, memiliki berbagai jenis data, memiliki berbagai struktur pemrograman, mendukung pemrograman terstruktur, mendukung OOP, mendukung pengembangan aplikasi web dan halaman server  

B. Keuntungan PL/SQL

    PL/SQL memiliki keuntungan sebagai berikut : 

     a) Peningkatan kinerja

PL / SQL memungkinkan pengiriman seluruh blok pernyataan ke database pada satu waktu. Hal ini akan mengurangi lalu lintas jaringan dan memberikan kinerja tinggi untuk aplikasi. 

     b) Portable

 PL/SQL adalah sarana yang asli dimiliki oleh oracle server, artinya program PL/SQL dapat dengan mudah dipindahkan dari satu oracle server ke oracle server lainnya, meskipun denga OS atau platform yang berbeda.Penggunaan variable/ identifier sanagat memudahkan dalam membuat suatu perintah SELECT untuk diproses dan hasilnya digunakan untuk melakukan proses lainnya. Dapat mengganakan struktur control (LOOP, FOR, WHILE) 

    c) Security

PL/SQL memungkinkan kita untuk memberikan pembatasan antara client dan server. Pembatasan tersebut bisa diberikan lewat trigger yang ditulis dalam bentuk PL/SQL, sehingga bisa membatasi akses ke aplikasi dan database. 

 d) Higher Productivity 

     PL/SQL dapat digunakan di semua aplikasi Oracle termasuk Oracle Forms dan Oracle reports. Sehingga tidak perlu membuat dengan sintak yang lain pada platform yang sama dan waktu pengembangan pun bisa di hemat. 

 e) Better Performance 

     Tanpa menggunakan PL/SQL, Oracle hanya menjalankan satu statement SQL pada satu waktu jika hal ini dilakukan pada lingkungan client server jelas akan membebani jalur komunikasi. Jika menggunakan PL/SQL, satu blok statement akan dikirimkan sekaligus pada waktu yang sama. Keuntungan yang diperoleh dari sisi aplikasi adalah aplikasi menjadi lebih ringan karena respon dari server cepat dan statement dikirimkan sekaligus pada waktu yang sama dan penggunaan memori juga berkurang.

 f) PL / SQL menyediakan dukungan untuk Mengembangkan Aplikasi Web dan Server Pages. (Anon., 2017)

Nah Itu tadi sedikit penjelasan mengenai PL/SQL oracle,selanjutnya kita akan melakukan instalasi Oracel 11g,teman teman juga bisa menggunakan versi terbaru

Proses instalasi ikuti langkah-langkah berikut: 

 1. Download oracle Express Edition pada link 

https://www.oracle.com/database/technologies/xe-downloads.html

2.Kemudia Install Oracle



3.Buat pin/pasword

4.Finis

Oke Teman-teman tadi kita sudah sedikit memahami mengenai PL/SQL,sekarang teman teman dipersilahkan untuk mencoba instalasi Oracle.Sampai disini pertemuan kali ini kita lanjut kembali minggu depan.