Kali ini kita akan belajar mengenai an anymous blok

    Pengertian An anymous blok,Anonymous merupakan blok program pada PL/SQL yang tidak memiliki nama.Kebalikan dari anymous block adalah named blok , yaitu blok dengan nama yang terjadi pengelompokan baris coding menjadi modul contohnya package, procedure, function, trigger. 

Blok PL / SQL terdiri dari header, body, exception

Header - Header ini optional hanya untuk named blok

    Body - Terdiri atas declaration section dan begin dan diakhiri end , kecuali exception bagian deklarasi terdiri atas variable, kursor, sub blok, referensi eksekusi dan ekseption. sifatnya optional.bagian execution18 terdiri atas statement pl/sql runtime engine yang dieksekusi saat proses runtime. sifatnya harus ada.Exception - Menghandle exception ke normal prosesing , menghandle error dan warning serta kondisi nya sifatnya opsional (modul2).

TYPE DATA

    Merupakan salah satu dari berbagai macam tipe data pada PL/SQL yang digunakan untuk mereferensikan tipe data

Untuk memulai praktikum silahkan buka sql comad line untuk lebih lengkap kita saksikan video yang sudah saya buat




Setelah memahami video diatas mari kita coba untuk latihan
  1. Diketahui sebuah data sbb Buatlah blok anonim PL/SQL untuk menampilkan data IDdept,nama dept dan manager_id untuk department dengan id=110! 
  2. Buatlah sebuah blok anonim PL/SQL untuk menghitung luas lingkaran dengan algoritma berikut : Input (jari-jari) luas = 3.14 x jari-jari x jari-jari output (luas) 
  3. Buatlah sebuah blok anonim PL/SQL untuk melak