Pengertian Backlink,5 Rekomendasi Tools Backlink Checker

 Pengertian Backlink 

    Backlink adalah istilah yang digunakan untuk menentukan link yang mengarah ke website kita. Backlink tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk memudahkan pengguna atau untuk tujuan optimasi agar website lebih populer dari sudut pandang mesin pencari.Google selalu crawling halaman web dengan kata kunci tertentu. Nah, ketika memiliki backlink, website akan lebih mudah ditemukan oleh Google (Nugroho, 2021). 

    Dikarenakan Google mungkin menemukan tautan ke situs web Anda dari situs web lain. Website Anda kemudian akan terindeks dan muncul di hasil pencarian yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Tapi itu tidak berarti Anda bisa mendapatkan backlink. Penting juga siapa yang memberi situs web Anda tautan balik. Semakin tinggi kualitas backlink yang merujuk ke situs web Anda, semakin tinggi peringkat pencarian Google Anda.Di sisi lain, jika backlink ke website Anda hanyalah spam, tentu akan sulit untuk ditingkatkan.

Jenis – Jenis Backlink

    Kegiatan Search Engine Optimization atau SEO selalu menyertakan backlink. Kebanyakan backlink blogger adalah ritual harian untuk meningkatkan peringkat mereka. Website mereka berada di halaman mesin pencari seperti Google.Mungkin backlink masih terdengar asing di telinga Anda Ini meragukan peran backlink dalam pengembangan situs web halaman mesin pencari.

    Semakin banyak backlink Semakin tinggi peringkat situs web di halaman mesin pencari, semakin tinggi.Backlink menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas SEO, Mendapatkannya tidak mudah. Ini karena backlink itu sendiri tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Backlink biasanya Terbagi menjadi dua jenis yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri yaitu backlink. backlink dofollow dan nofollow

1. Backlink Dofollow 

    Backlink dofollow adalah jenis backlink yang langsung mengarahkan pengunjung. Klik tautan blogger lain untuk langsung menuju situs web Anda.situs web dan ada blogger lain di luar sana yang tertarik dengan konten yang Anda buat. Jika pengunjung menggunakan konten Anda di blognya dengan menambahkan tautan ke situs web Anda untuk digunakan semua orang Setiap kali pengunjung mengklik link, pengunjung akan dibawa ke halaman website Anda Secara langsung. Namun, seperti kebanyakan dari mereka, Anda harus berhati-hati saat menggunakan backlink dofollow.backlink dofollow dianggap spam oleh Google dan itu hanya mengganggu perkembangan situs web Anda.

A. Manfaat backlink Dofollow 

  • Referraltraffic baclink dofollow adalah link default, maka backlink dofollow bisa meningkatkan traffic ke situs anda lebih cepat dan lebih mudah. 
  • Mempercepat proses index Backlink dofollow merupakan backlink tercepat untuk index oleh Google karena sifatnya yang do sehingga Google akan meningkatkan peringkat situs website anda di halaman paling atas search engine 
  • Merampingkan peringkat alexa lebih cepat. Alexa merupakan mesin internet yang menentukan peringkat suatu website berdasarkan jumlah pengunjung,backlink, dan jumlah pencarian.
  • Meningkatkan kredibilitas situs Backlink dofollow dapat membangun kredibilitas situs website karena jika ada situs populer yang menggunakan backlink anda, maka pengunjung yang ada di situs populer itu akan menganggap kalau situs anda itu sama bagusnya dengan situs populer. 

2. Backlink Nofollow 

    Backlink Nofollow merupakan kebalikan backlink dofollow, ini artinya kamu tidak mengikuti, jadi tidak bisa mengklik tautan balik ini untuk tautannya nofollow tidak termasuk dalam peringkat SEO atau merupakan posting biasa (Backlink, 2019). 

A. Manfaat Backlink Nofollow 

  • Membuat backlink natural backlink natural akan menjadi nilai plus dalam perkembangan website,di halaman search engine karena Google lebih suka terhadap pencarian secara manual dibandingkan backlink dofollow. 
  • Menjaga kredibilitas situs Backlink nofollow bisa menjadi cara alternatif untuk menjaga kredibilitas situs karena Google biasanya akan menganggap kalau anda sering menggunakan backlink dofollow, situs dianggap sebagai situs yang buruk sehingga memerlukan bantuan backlink. 
  • Penanda situs anda masih buruk Backlink yang didapatkan oleh para blogger merupakan backlink nofollow yang berarti kalau website mereka masih terbilang buruk. dengan ini, anda bisa meningkatkan performa website anda muali dari kecepatan, desain, isi konten, gaya bahasa,dan lainnya sampai para blogger lain mengubah backlink nofollow menjadi dofollow.


Rekomendasi Backlink Checker

Backlink Checker Keunggulan Kekurangan
Ahrefs 1) Mudah digunakan.
2) Laporan backlink sangat detail.
3) Menyediakan info backlink secara real-time dan historis. Harus berlangganan
4) Fitur notifikasi jika ada backlink baru atau hilang.
SEMrush 1) Mengidentifikasi semua backlink yang masuk ke domain, subdomain, dan page.
2) Adanya informasi kualitas domain pemberi backlink dan lokasi geografisnya.
3) Fitur top pages.
4) Dapat melacak dan membandingkan backlink kompetitor.
5) Fitur disavow backlink. Tampilan sangat prefesional.Perlu penyesuaian bagi pemula
6) Dapat terintegrasi dengan tools Google.
7) Laporan backlink sangat detail.
UberSuggest 1) Ringkasan laporan (statistik dan tabel) backlink sangat detail dan mudah dibaca.
2) Adanya grafik pertumbuhan historis backlink. Pengguna gratis sangat terbatas
3) Tampilan intuitif.Dapat melihat backlink kompetitor.
4) Tampilan user-friendly.
5) Dilengkapi statistik untuk membaca data lebih mudah.
MozPro 1) Fitur quick download per laporan.Melihat dan membandingkan backlink kompetitor.
2) Mengidentifikasi broken link. Harga Berlangganan Mahal
3) Memeriksa backlink spam.
OpenLinkProfiler 1) Terdapat fitur notifikasi untuk perkembangan backlink. Meng-crawl backlink
2) Tanpa perlu langganan berbayar. tidak sebanyak yang
3) Fitur lengkap dan data yang spesifik (Wijayanti, 2020). lain.

Posting Komentar

0 Komentar