Apa itu Branding? Branding merupakan proses menciptkan menyebarluaskan serta menjaga identitas dan kepribadian dari sebuah produk

Dari Branding Yang Baik

  1. Top Off Mid (Membedakan Bisnis atau Produk dengan Kompotitor)
  2. Partnership (Membuka kesempatan kolaborasi dengan branding lain)
  3. Loyalitas (Menjaga loyalitas pelanggan)
  4. Revanue (Meningkatkan Penjualana)
  5. Rekrutment (Memudahkan rekrutmen karyawan jika dibutuhkan)
Yang perlu di siapkan dalam Branding
  1. Kenali produk atau bisnis yang akan di branding (keunggulan,kelemahan dan kompotitornya siapa)
  2. Tentukan semua komponen identitas brand
  3. Tentukan komponen kepribadian brand
Proses Mengenali Produk
  1. Perbedaan - Kenali perbedaan utama produk dengan kompotitor
  2. Perbandingan - Perbandingan apa yang mencolok,keunggulan utama produk kita
  3. Jika produk sama - bentuk pelayanan seperti apa yang bisa menjadi perbedaan dengan kompotitor 
  4. Tidak ada kompotitor - Tentukan yang menjadi substitusi produk atau jasa tersebut
  5. Penyesuaian visi produk - Sesuaikan dengan semua fitur atau kenunggulan yang dimiliki dengan visi
Menentukan Nama,Logo dan Tone warna
  1. Nama, logo dan tone Ȁarna biasanya menjadi cara utama orang mengingat sebuah brand. Sebaiknya yang unik namun tidak rumit untuk diingat.
  2. Logo tidak harus yang rumit. Bisa mencerminkan produknya, maupun tidak. Karena asosiasi Ç¿isual dengan sebuah nama nantinya terbentuk ketika proses branding dilakukan dengan baik.
  3. Tone Ȁarna biasanya mencerminkan tipe produk atau jasa dan bagaimana pembaȀaan produk di pasar. Perhatikan bagaimana Ȁarna franchise makanan cenderung mengandung Ȁarna merah, Ȁarna produk yang mengandung bahan organik cenderung hijau atau cokelat tanah, sedangkan Ȁarna perusahaan jasa cenderung biru atau hijau.
  4. Tagline bisa ditentukan dari Ç¿isi dan misi yang dimiliki yang dirangkum dalam satu frasa dengan maksimal 5 kata
Branding